Minggu, 28 Juni 2020

Tips Membersihkan Masker Kain agar Terhindar dari Virus



Menggunakan masker sangat di anjurkan untuk saat sekarang. Sebagian besar orang menggunakan masker yang terbuat dari kain. 
Hal tersebut tentu mengatasi berkurangnya masker karena meningkatnya kebutuhan masker yang harus digunakan setiap hari, maka alternatif solusinya adalah menggunakan masker kain Karena masker kain dapat digunakan berkali-kali.Karena itu masker harus di cuci. 

Dan ada beberapa cara yang baik saat mencuci masker kain agar aman dari kuman jahat yaitu : 

1. Siapkan Air 

Siapkan air di dalam baskom atau ember. Ada dua pilihan air yang dapat digunakan, air mengalir atau air hangat dengan suhu minimal 30 derajat celcius. Akan lebih baik lagi jika suhu yang digunakan antara 60 sampai 65 derajat celcius. 


2. Beri Detergen 

Tambahkan detergen bubuk atau cair secukupnya ke dalam baskom atau ember yang berisi air. Detergen berguna untuk membunuh bakteri-bakteri yang tanpa sengaja menempel di masker. Rendam masker beberapa saat agar kotoran-kotorannya lebih mudah luntur. 


3. Kucek Masker Hingga Bersih 

Tidak semua kotoran pada masker luruh pada rendaman air detergen. Oleh sebab itu kucek kembali masker hingga kotoran benar-benar hilang dan luruh. Pastikan tidak mengucek masker terlalu kuat agar serat kain pada masker tidak rusak. 

4. Bilas di dengan Air Mengalir 

Setelah dikucek dan seluruh noda kotoran hilang, bilas masker menggunakan air mengalir. Pastikan sudah tidak ada lagi busa yang tersisa. Apabila kurang yakin, bilasan dapat dilakukan dua kali. 

5. Keringkan di Bawah Sinar Matahari 

Setelah selesai mencuci, keringkan masker dengan mesin pengering atau langsung dijemur di bawah sinar matahari. Apabila tidak bisa langsung menjemur di bawah sinar matahari, dapat pula menjemur di dalam ruangan namun ventilasi udara harus terjaga dengan baik. Mengeringkan di bawah sinar matahari memang pilihan paling baik karena secara tidak langsung dapat membantu membunuh bakteri yang tidak sengaja menempel pada masker. 


6. Setrika dengan Suhu Panas 

Setelah kering, setrika dengan suhu panas agar bakteri dan virus benar-benar mati. Selain itu, menyetrika masker juga dapat membuat masker lebih rapi dan tidak kusut saat digunakan.


EmoticonEmoticon